Minggu, 11 Mei 2014

KUE PISANG BANJAR



Beberapa hari yang lalu mbak Nina posting kue pisang Banjar ini, ngecess lihatnya. Secara aku dan keluarga suka banget sama pisang. Nah berhubung pisang di dapur masih ada beberapa biji aku langsung kepikiran untuk membuat juga. Bikinnya ini maunya buat sarapan, ternyata gak jadi karena  bangunnya kesiangan ^ ^
Rasanya hampir mirip seperti kue lumpur, cuma bedanya ini pakai bahan pisang. Begitu mateng mamaku ngincipin bilang rasanya enak, anak-anak juga bilang enak. Emang enak dimakan anget -anget gini.







Resepnya dapet dari blog mbak Nina.

Ijin copas yaa mbak Nina *__^

KUE PISANG BANJAR

Bahan :
250 gr tepung terigu protein sedang
50 gr susu bubuk full cream
140 gr gula pasir ( aku 110 gr  soalnya pisangnya udah manis )
1/2 sdt vanili bubuk
450 ml santan rebus dengan 1/4 sdt garam dan 2 lembar daun pandan, dinginkan
2 butir telur kocok lepas ( aku pakai 3 telur )
75 gr margarin, cairkan
5 buah pisang ( aku pakai 2 pisang Agung yang ukurannya tidak begitu besar ) potong kotak- kotak kecil

Topping ( optional )
Kismis ( aku pakai pisang dipotong bulat )

Cara membuat :
  1. Campur dan ayak tepung terigu dan susu bubuk. Tambahkan gula pasir dan vanili, aduk rata dan sisihkan.
  2.  Campur telur, santan dan margarin cair, aduk rata. Tuang ke dalam campuran tepung dan aduk rata menggunakan whisker atau mixer kecepatan rendah.
  3. Masukkan potongan pisang, aduk rata dan diamkan selama 30 menit.
  4. Panaskan cetakan kue lumpur, oles tipis dengan margarin kemudian tuang hingga 3/4 tinggi cetakan. Tutup dan beri topping bila sudah setengah matang. Tutup kembali dan masak hingga matang.
  5. Setelah matang , balikkan kue sehingga bagian atas juga kering dan berwarna kecokelatan.
  6. Angkat dan siap disajikan.


Tidak ada komentar: